11 Cara Mencegah Pencurian Identitas Saat Bepergian

11 Cara Mencegah Pencurian Identitas Saat Bepergian | Tip untuk menghindari penipuan dan pencurian saat bepergian adalah pokok dari genre penulisan wisata; hampir setiap buku panduan atau situs web perjalanan mendedikasikan ruang untuk subjek.
11 Cara Mencegah Pencurian Identitas Saat Bepergian
11 Cara Mencegah Pencurian Identitas Saat Bepergian
Tetapi di abad ke-21, Anda berisiko mengambil identitas Anda — atau lebih tepatnya identitas finansial dan digital Anda — seperti halnya Anda “dirampok”, yang kedengarannya agak aneh belakangan ini (walaupun saya tidak bermaksud melakukan apa pun). cara untuk meremehkan kesengsaraan dan bahaya benar-benar dirampok).

Pencurian identitas adalah masalah yang berkembang di seluruh dunia — terutama bagi para pelancong, yang sangat rentan, dipaksa karena mereka harus menggunakan koneksi Internet tanpa jaminan, membawa dokumen pribadi yang luas bersama mereka setiap saat, dan berbagi kartu kredit mereka dengan pedagang tentang siapa yang tidak mereka kenal dan siapa yang tidak akan mereka lihat lagi.

Teknologi modern tidak mempermudah orang jujur ​​untuk menghindari pencurian identitas; saksikan praktik situs web seperti Facebook dan LinkedIn, yang sering membuat Anda tetap masuk ke situs, bahkan setelah Anda menutup peramban atau mematikan komputer. Seseorang yang mendapatkan akses tanpa batas ke teman terdekat Anda di Facebook pasti bisa menghilangkan beberapa informasi yang sangat "membantu" sebelum Anda mengetahuinya.

Seiring perkembangan waktu dan teknologi, masalah ini hanya akan memengaruhi lebih banyak pelancong. Berikut adalah 11 tips untuk menghindari pencurian identitas saat bepergian, saat ini.

"Buka Kemasan" Dokumen Penting Sebelum Perjalanan


Jika Anda membawa beberapa dokumen penting saat bepergian, dompet atau dompet rata-rata mungkin termasuk kartu Jaminan Sosial, laporan bank, dokumen medis, buku cek, dan sejenisnya - lepaskan sebelum Anda meninggalkan rumah. Pada dasarnya, ketika datang ke dokumentasi, Anda ingin "membongkar" sebelum bepergian.

Ini juga dapat dilakukan lagi begitu Anda berada di jalan. Jika Anda pergi ke lokasi yang dikenal untuk pencopetan atau akan dikemas dengan orang-orang, atau di mana Anda akan terganggu (konser besar, kotak ramai, klub malam, dll.), Anda dapat memilah-milah konten Anda dompet lebih jauh sebelum menjelajah keluar dari kamar hotel Anda. Anda dapat menyimpannya di brankas hotel (tetapi hati-hati ), di belakang meja depan hotel atau di sabuk uang yang tersembunyi di tubuh Anda.

Lindungi Dokumen Anda


Ini adalah salah satu tips yang akan Anda temui di sebagian besar artikel keselamatan perjalanan, jadi saya tidak akan membahasnya secara panjang lebar di sini — tetapi cukup untuk mengatakan bahwa jika Anda meninggalkan dokumen sensitif yang tergeletak di kamar hotel Anda saat Anda berada di luar, Anda jauh lebih mungkin untuk mengalami pencurian identitas daripada jika Anda memilikinya di sabuk uang, pelindung dokumen, bahkan dompet yang memblokir RFID .

Berhati-hatilah dengan Koneksi Internet yang Dibagikan dan Tidak Aman


Ini adalah satu hal yang menurut saya sangat sulit dilakukan — ketika bepergian, sulit menemukan koneksi selain yang umum di hotel, kafe, bandara, apa saja. Untuk melihat peringatan "koneksi ini tidak aman dan orang lain mungkin melihat informasi Anda" hampir merupakan pokok dari pengalaman perjalanan. Risiko ini berlaku untuk apa pun yang Anda ketikkan ke keyboard saat terhubung, seperti kata sandi email dan login situs web.

Pendekatan terbaik, dalam hal ini, adalah sangat berhati-hati saat menggunakan koneksi ini; masuk ke rekening bank Anda, email kantor atau akun sensitif lainnya harus dihindari jika memungkinkan. Jika Anda tidak memiliki alternatif, pilih yang Anda ketik di atas koneksi terbuka ini dengan sangat hati-hati.

Jika Anda bepergian dengan laptop Anda sendiri dan menggunakan Wi-Fi gratis, penting untuk memastikan koneksi Anda aman. Beberapa situs web memungkinkan Anda masuk melalui jaringan terbuka; selalu mencoba menggunakan HTTPS://www.website.com alih-alih HTTP://www.website.com (S adalah singkatan dari "secure" dan menunjukkan bahwa data dienkripsi untuk perlindungan lebih lanjut). Anda juga bisa mendapatkan plug-in untuk browser Anda seperti HTTPS Everywhere (Firefox, Chrome, dan Opera saja), yang akan melakukan ini secara otomatis. Solusi lain yang mungkin adalah SurfEasy VPN, yang membantu mengenkripsi data Anda saat Anda menggunakan koneksi publik dari komputer Anda sendiri.

Jika Anda menginginkan keamanan lebih saat menggunakan mesin orang lain, seperti di warnet, komputer lobi hotel atau terminal publik lainnya, Anda dapat mencoba layanan pembayaran seperti Authentic8. Authentic8 menjalankan browser dalam "silo" di cloud, tempat semua koneksi dan data tetap aman. Layanan ini memberi Anda tampilan di komputer lokal dan mencegah hal-hal seperti keylogger mengakses kata sandi Anda.

Akhirnya, berikut adalah beberapa tips dari Komisi Perdagangan Federal tentang Penggunaan Jaringan Wi-Fi Publik .

Hapus Semua Cookie dan Riwayat Penjelajahan di Terminal Publik


Jika Anda harus menggunakan komputer umum, hal terakhir yang harus Anda lakukan sebelum Anda pergi adalah menghapus semua cookie dan riwayat penelusuran sebelum Anda logout. Banyak komputer dapat menyimpan informasi yang cukup signifikan, dan beberapa situs web bahkan diatur untuk membuat Anda tetap masuk ketika Anda menutup browser kecuali Anda secara khusus keluar (seperti Facebook dan LinkedIn). Banyak terminal publik akan menghapus data jenis ini secara otomatis, tetapi melakukannya sendiri menawarkan ketenangan pikiran yang jauh lebih baik.

Gunakan Alamat Email Perjalanan Khusus

Ketika saya melihat pesan datang dari luar negeri melalui akun email kantor, saya menggelengkan kepala setiap saat. Jika seseorang mendapatkan akses ke akun email kantor Anda, jumlah kerusakan yang dapat mereka lakukan terhadap mata pencaharian Anda tidak bisa diperkirakan. Tentu saja, ada saat-saat ketika Anda perlu masuk ke akun pekerjaan Anda, tetapi Anda harus berhati-hati dalam hal yang ekstrem pada saat-saat itu.

Saran saya, dalam hal ini, adalah menggunakan alamat email pribadi jika memungkinkan saat bepergian, di mana Anda tidak menyimpan informasi sensitif dan di mana masuk palsu tidak akan menjadi bencana besar, dan berkomunikasi dari alamat email itu secara eksklusif. Kadang-kadang Anda akan melihat alamat seperti johndoetravelemail @ gmail.com ; pendekatan email perjalanan-eksklusif ini dapat bekerja dengan sangat baik.

Gunakan Hanya ATM Bank


Tren terbaru di antara pencuri identitas adalah memasang pembaca kartu di ATM yang dengannya mereka dapat mengakses nomor kartu dan PIN Anda. Hal ini paling sering terjadi di ATM “bank umum” non-bank (di hotel, toko serba ada, dll), yang memiliki lebih sedikit pengawasan dan karenanya lebih rentan daripada ATM yang dikelola bank dan di-host. Tetap dengan yang ada di bank; ini masih bisa dikompromikan, tetapi cenderung menjadi sasaran pencuri jauh lebih jarang.

Periksa Laporan Kartu Kredit Anda Terkadang


Bahkan pada saat-saat ketika Anda yakin akan keamanan koneksi Anda — mungkin di rumah teman, atau saat menghubungkan menggunakan aplikasi ponsel cerdas melalui koneksi 3G atau 4G seluler biasa (yang cenderung lebih aman daripada Wi-Fi publik) —memeriksa pernyataan kartu kredit Anda untuk aktivitas mencurigakan.

Pencuri identitas suka memilih pengembara sebagai korban, karena mereka sedikit banyak bergantung pada keterlambatan ditemukannya yang melekat pada perjalanan; sebagian besar pelancong tidak memeriksa informasi bank dan kartu kredit sampai mereka kembali ke rumah, memberikan pencuri awal yang solid. Sebagai aturan, semakin cepat Anda dapat mematikan pencuri identitas, semakin baik, jadi pertimbangkan untuk memeriksa sekarang dan kemudian untuk memastikan semuanya terlihat normal.

Amankan Ponsel Anda


Kami banyak berpikir tentang betapa rapuhnya komputer kami, tetapi ponsel berpotensi lebih: Anda memilikinya setiap saat, mereka hampir selalu dihidupkan dan masuk, mereka biasanya memiliki aplikasi yang memberikan akses ke informasi pribadi, dan orang-orang meninggalkan mereka sedikit di sekitar. Jika ada sesuatu yang mungkin hilang atau dicuri, ini adalah ponsel cerdas kecil dan ringkas. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri:

- Tetapkan kata sandi pada telepon sehingga seseorang yang menemukan atau mencuri itu tidak dapat menggunakannya.

- Sebelum bepergian, pertimbangkan untuk menghapus aplikasi yang sangat sensitif, seperti aplikasi perbankan, jejaring sosial, dll. Mereka mudah diinstal ulang saat Anda tiba di rumah.

- Secara khusus, keluar dari semua aplikasi sebelum keluar dan sekitar. Seperti di atas dengan beberapa situs web, banyak aplikasi membuat Anda tetap masuk secara default (Facebook, Twitter, Angry Birds, sebut saja).

- Tetap waspada terhadap email dan situs web yang mencurigakan. Studi menunjukkan orang lebih cenderung mengklik tautan malware di ponsel mereka daripada di komputer mereka.

- Semua peringatan sebelumnya tentang tempat-tempat Wi-Fi publik berlaku untuk ponsel Anda juga.

Untuk informasi lebih lanjut tentang topik ini, lihat caranya di WikiHow.com : Cara Mencegah Ponsel Anda Diretas .

Lindungi Anak-Anak Anda Juga


Perkembangan yang menakutkan dalam kejahatan pencurian identitas adalah penggunaan nama dan identitas anak untuk membuka rekening bank dan kartu kredit, mengajukan permohonan tunjangan pemerintah, dan banyak lagi. Dalam kebanyakan kasus, penjahat menggunakan nomor Jaminan Sosial anak untuk memulai.

Saat bepergian, persyaratan dokumen sangat bervariasi untuk anak-anak — kadang-kadang Anda membutuhkan kartu identitas, kadang tidak, kadang-kadang Anda bisa memperdayainya — tetapi banyak orang tua bepergian dengan beberapa bentuk identifikasi untuk berjaga-jaga. Seringkali, ini adalah dokumen yang sangat sensitif seperti akta kelahiran dan kartu Jaminan Sosial.

Saran saya adalah untuk mendapatkan paspor untuk anak Anda, dan bepergian dengan itu alih-alih bentuk identifikasi lainnya. Kemudian lindungi paspor anak Anda dengan cara yang sama seperti Anda sendiri.

Jika ada yang meminta nomor Jaminan Sosial anak Anda dengan alasan apa pun, tanyakan apakah mereka dapat menerima bentuk ID lain, atau cukup menolak untuk menyerahkan nomor itu. Jika Anda mencurigai identitas anak Anda mungkin telah dikompromikan, dalam kebanyakan kasus pemeriksaan kredit adalah cara tercepat untuk mengetahuinya; anak Anda tidak boleh memiliki peringkat kredit substantif apa pun. Untuk lebih lanjut tentang topik ini, lihat informasi FTC tentang Pencurian Identitas Anak .

Ubah Kata Sandi dan PIN


Anda mungkin ingin mengubah kata sandi setelah perjalanan; pencuri identitas dianggap penjahat yang sangat sabar, dan sering menunggu sampai Anda cenderung kurang memperhatikan setelah beberapa minggu di rumah.

Jika Anda benar-benar menyukai kata sandi atau PIN Anda, satu pendekatan mungkin untuk mengubahnya tepat sebelum Anda pergi, gunakan kata sandi baru saat bepergian dan kemudian ubah kembali ke kata sandi pilihan Anda saat Anda tiba di rumah.

Tindak Lanjut Setelah Perjalanan Anda


Ketika Anda tiba di rumah, periksa aktivitas bank, aktivitas kartu kredit, dan bahkan aktivitas klaim asuransi kesehatan untuk mengetahui apakah ada sesuatu yang tidak Anda ketahui. Ini sering merupakan tempat pertama yang Anda akan melihat indikasi pencurian identitas. Beberapa pencuri akan dengan sengaja menggunakan informasi Anda dalam situasi di mana kertas dan jejak digital hanya akan muncul perlahan-lahan — perusahaan yang mengajukan tagihan dan klaim secara manual (atau setidaknya tidak dalam waktu nyata) —sehingga ada baiknya memeriksa kembali setelah beberapa minggu. untuk memastikan tidak ada yang muncul sementara itu.

Semoga tips ini membantu Anda menghindari tipu daya seperti video di bawah ini — perjalanan yang aman!

0 Response to "11 Cara Mencegah Pencurian Identitas Saat Bepergian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel