Yang Perlu Diketahui Tentang Kehamilan, Melahirkan, dan Dasar Panggul Anda

Yang Perlu Diketahui Tentang Kehamilan, Melahirkan, dan Dasar Panggul Anda | Jika Anda hamil, Anda mungkin merasa seperti orang-orang terus-menerus memberi tahu Anda betapa seluruh pengalaman akan mengisap atau menyakiti atau mengubah tubuh Anda selamanya. Atau mungkin orang tidak memberi tahu Anda sepanjang waktu, tetapi Anda tidak dapat membayangkan bagaimana hasilnya.
Yang Perlu Diketahui Tentang Kehamilan, Melahirkan, dan Dasar Panggul Anda
Yang Perlu Diketahui Tentang Kehamilan, Melahirkan, dan Dasar Panggul Anda
Memang benar bahwa kehamilan dan persalinan dapat membawa beberapa perubahan fisik besar. Fokusnya sering pada yang eksternal (ahem, perut yang tumbuh). Tapi salah satu perubahan kehamilan dan persalinan terbesar berdampak pada area yang tidak mungkin dilihat dari luar: dasar panggul. Kami tidak akan berbohong kepada Anda, kehamilan dan persalinan pasti dapat melakukan angka pada area ini. Tetapi bagi sebagian orang, hal kecil yang disebut terapi fisik dasar panggul mungkin bisa membantu.

Inilah kebenaran tentang kehamilan, persalinan, dasar panggul, dan terapi fisik dasar panggul.


Anatomi dasar panggul Anda


Kami tidak dapat menyalahkan Anda jika Anda suka, "Maaf, anatomi saya apa, sekarang?" Secara umum, orang tidak sering membicarakan tentang dasar panggul, bahkan dalam percakapan kehamilan dan persalinan.

"Dasar panggul pada dasarnya adalah sekelompok otot yang diintegrasikan bersama untuk menciptakan struktur pendukung untuk organ intra-abdominal," Angela Bianco, MD, seorang spesialis kedokteran ibu-janin dan profesor asosiasi kebidanan, ginekologi, dan layanan reproduksi di Icahn. School of Medicine di Mount Sinai, memberi tahu DIRI.

Otot-otot ini bekerja seperti tempat tidur gantung untuk menguatkan organ-organ seperti rahim, kandung kemih, dan dubur. Dengan melakukan hal itu, dasar panggul mempromosikan kontrol usus dan kandung kemih yang sehat bersama dengan kenyamanan selama hal-hal seperti seks penetrasi. Jika ada yang salah dengan lantai panggul Anda, itu dapat mengacaukan kemampuan Anda untuk buang air kecil atau buang air besar secara normal, dengan kehidupan seks Anda, dan dengan fungsi umum Anda di wilayah itu.

Gejala disfungsi dasar panggul


Di antara penyebab lainnya, kehamilan dan persalinan dapat menyebabkan disfungsi dasar panggul, istilah yang lebih luas untuk kumpulan kondisi yang dikenal sebagai gangguan dasar panggul. Gangguan lantai panggul muncul ketika otot atau jaringan ikat daerah panggul Anda melemah atau terluka, menurut National Institutes of Health.

Inkontinensia urin (ketika buang air kecil keluar dari Anda selama kegiatan sehari-hari seperti berjalan, tertawa, atau batuk) adalah gangguan dasar panggul, menurut Mayo Clinic. Lalu ada inkontinensia tinja, atau tinja bocor. Disfungsi dasar panggul juga dapat bermanifestasi sebagai kesulitan mengosongkan kandung kemih Anda sepenuhnya (ini dikenal sebagai retensi urin) atau rektum (kekasaran yang merupakan konstipasi). Atau Anda bisa mengalami hubungan seks yang menyakitkan sebagai tanda masalah dasar panggul.

Disfungsi dasar panggul yang parah bahkan dapat menyebabkan prolaps organ panggul, yaitu ketika struktur seperti kandung kemih terkulai dan menekan masuk atau keluar vagina. Dalam hal ini, Anda mungkin melihat tonjolan menonjol dari vagina Anda, merasa seperti ada sesuatu yang keluar dari sana, atau melihat rasa sakit atau "penuh", menurut American College of Obstetricians and Gynaecologists (ACOG). Prolaps organ panggul juga dapat menyebabkan masalah kencing, kotoran, dan kesehatan seksual yang kami sebutkan di atas.

Jadi, bagaimana tepatnya kehamilan dan persalinan dapat menyebabkan disfungsi dasar panggul? Mari kita mulai.

Kehamilan dan dasar panggul Anda


Menjadi hamil dapat melemaskan otot-otot dan jaringan ikat seperti ligamen yang perlu bekerja dengan baik untuk fungsi dasar panggul yang baik. (Ligamen adalah jenis jaringan yang membantu organ tetap tinggal.)

Efek melonggarnya ini berkat hormon yang meningkat ketika Anda memiliki bayi di jalan, seperti progesteron, estrogen, dan satu yang secara harfiah disebut relaxin. “Hormon-hormon ini dapat bertindak untuk melunakkan ligamen sehingga otot-otot mungkin tidak saling berhubungan erat,” kata Dr. Bianco. Inti dari kelonggaran ini adalah untuk memungkinkan bayi melewati saluran kelahiran dengan lebih mudah.

Lalu ada bagian perut yang tumbuh. Saat rahim Anda membesar dan berat badan Anda bertambah, tekanan lebih besar terjadi pada dasar panggul Anda, yang dapat berkontribusi pada hilangnya dukungan, kata Dr. Bianco.

Melahirkan dan dasar panggul Anda


Seperti yang mungkin Anda duga, melahirkan bayi secara normal dapat memengaruhi dasar panggul Anda. Ringkasnya: "Anda memiliki kepala raksasa yang melalui vagina kecil," Lisa Dabney, M.D., direktur urogynecology dan bedah rekonstruksi panggul di departemen kebidanan dan ginekologi di Gunung Sinai, kepada SELF.

Tentu saja, seluruh tubuh bayi juga lewat. Tapi, biasanya, kepala akan duluan. Dalam prosesnya, otot-otot dasar panggul terdorong keluar dan terkadang robek. Walaupun dokter biasanya dapat memperbaiki laserasi seperti itu dengan pembedahan bila perlu, dibutuhkan waktu bagi dasar panggul Anda untuk pulih (dan terkadang hanya sedikit berbeda selamanya). Mungkin juga ada kerusakan pada saraf yang mengatur otot dan organ dasar panggul.

Semua ini dapat menyebabkan masalah postpartum seperti nyeri saat berhubungan seks, retensi urin atau feses, dan inkontinensia urin atau fecal. (Menurut ACOG, melahirkan sebenarnya adalah penyebab paling umum dari inkontinensia tinja.) Memiliki bayi yang beratnya lebih dari 9 atau 10 pon dapat meningkatkan risiko masalah ini, Roger Lefevre, MD, direktur perempuan Bet Israel Deaconess Medical Center. divisi kedokteran pelvis dan bedah rekonstruksi, memberitahu DIRI.

Anda mungkin bertanya-tanya tentang bagaimana memiliki operasi caesar (operasi caesar) akan mempengaruhi peluang Anda untuk berakhir dengan disfungsi dasar panggul. Memiliki operasi caesar tampaknya terkait dengan risiko gangguan dasar panggul yang jauh lebih rendah, tetapi itu tidak mengurangi risiko ini sepenuhnya karena Anda masih memiliki semua faktor dari kehamilan itu sendiri, Dr. Bianco menjelaskan. C-section masih merupakan operasi besar perut yang disertai dengan proses penyembuhan intens bahkan jika itu tidak membahayakan dasar panggul Anda dengan cara besar.

Kapan harus berkonsultasi dengan dokter


Saran kapan harus berbicara dengan dokter Anda tentang dasar panggul Anda bisa berubah sedikit tergantung pada apakah Anda hamil atau postpartum.

Jika Anda hamil: Pemeriksaan kehamilan rutin adalah waktu yang tepat untuk membahas bagaimana dasar panggul Anda berfungsi. Mungkin membantu untuk bertanya kepada dokter Anda persis seperti apa kehamilan dan gejala dasar panggul pascamelahirkan yang Anda harapkan. Dengan begitu, Anda akan memiliki kerangka kerja yang lebih personal untuk kapan harus menghubungi dokter Anda tentang masalah apa pun.

Jika Anda postpartum: ACOG merekomendasikan untuk melakukan setidaknya satu pemeriksaan komprehensif empat hingga enam minggu setelah melahirkan. (Idealnya, itu akan menjadi awal dari hubungan perawatan pascapersalinan yang konsisten dan berkelanjutan antara Anda dan dokter Anda, bukan hanya kunjungan satu kali, kata ACOG.) Itulah kesempatan sempurna untuk memberi tahu dokter Anda bagaimana keadaannya, tanyakan apakah Anda fungsi dasar panggul tampak di jalur, dan tanyakan kapan harus memberi tahu mereka apakah gejala Anda masih berlanjut.

Jujur, itu bisa sangat membingungkan untuk mengetahui apa yang normal ketika datang ke situasi dasar panggul postpartum Anda, terutama jika Anda terutama berurusan dengan inkontinensia urin. Sedikit inkontinensia urin sementara ketika Anda postpartum sangat umum, kata Dr. Bianco. Setelah tubuh Anda tidak lagi terpapar dengan tambahan berat bayi di dalam rahim dan hormon pelonggaran otot, masalah panggul biasanya membaik, Dr. Bianco menjelaskan.

Ini bisa memakan waktu mulai dari beberapa hari hingga beberapa minggu atau bulan, atau lebih lama dari itu untuk beberapa orang, Tanaka J. Dune, M.D., seorang ahli urogynecologist di Weill Cornell Medicine dan NewYork-Presbyterian Hospital, kepada SELF. "Saya mencoba meyakinkan wanita postpartum tentang perubahan yang dapat terjadi dan tidak khawatir jika pemulihan tidak segera," kata Dr Dune. Jika Anda masih memiliki gejala yang berkaitan dengan disfungsi dasar panggul 12 minggu setelah melahirkan, hubungi dokter Anda.

Apakah Anda hamil atau bersalin: Temui dokter Anda kapan pun Anda benar-benar khawatir bahwa sesuatu yang Anda alami tidak normal. Kita tahu bahwa mengunjungi dokter jauh lebih mudah bagi beberapa orang daripada bagi orang lain dan bahwa begitu banyak faktor yang dapat menurunkan kemungkinan menerima perawatan kesehatan yang kompeten dan penuh kasih. Ini terutama benar ketika menyangkut orang-orang dengan vagina, dan terlebih lagi jika Anda termasuk dalam beberapa kelompok yang terpinggirkan, seperti menjadi wanita kulit berwarna dengan penghasilan rendah. Meskipun ini adalah kenyataan yang tidak menguntungkan dan membuat frustrasi, hal penting yang perlu diingat adalah bahwa Anda layak mendapatkan perawatan yang kompeten, empatik jika ada sesuatu yang salah. Kami akan masuk ke beberapa pilihan perawatan untuk gangguan dasar panggul, dan kami tahu mereka mungkin tidak dapat diakses untuk semua. Jika ini tampaknya tidak mungkin dilakukan untuk Anda, ketahuilah bahwa mendapatkan perawatan di mana pun dan kapan pun Anda bisa masih lebih baik daripada tidak sama sekali. Ini adalah salah satu situasi ketika masuk akal untuk mencari saran medis yang paling dapat dipercaya yang Anda bisa.

Ilmu di balik terapi fisik dasar panggul


Terapi fisik dasar panggul adalah cara mencoba memperkuat area untuk meringankan gejala di bawah bimbingan ahli terapi fisik yang berspesialisasi dalam gangguan dasar panggul. Sama seperti Anda pergi ke terapi fisik jika Anda merobek ACL Anda, Anda mungkin mempertimbangkan melihat terapis fisik berlisensi dilatih dalam teknik tertentu yang beberapa penelitian menyarankan dapat membantu merehabilitasi dasar panggul Anda. Ini mungkin terdengar sangat aneh, tetapi beberapa ahli percaya terapi fisik dasar panggul dapat membantu dalam kasus-kasus tertentu. Bahkan, terapi fisik dasar panggul biasanya diresepkan untuk orang tua pascapersalinan di Perancis, di mana ia dikenal sebagai la rééducation périnéale.

Seorang terapis fisik dasar panggul mungkin mengajarkan seseorang cara melakukan Kegels dengan benar (merilekskan dan mengencangkan otot-otot dasar panggul), melakukan postur yang tepat sehingga otot-otot dasar panggul dapat bekerja secara lebih terkoordinasi dengan seluruh tubuh, mengajarkan pernapasan dalam-dalam. pekerjaan yang mencoba merangsang lantai panggul, dan banyak lagi, kata Dr. Dune.

Itu tidak berarti terapi fisik dasar panggul dijamin untuk memperbaiki disfungsi dasar panggul. Penelitian tentang kemanjuran terapi fisik dasar panggul agak menjanjikan tetapi belum cukup kuat untuk mengklaim itu pasti pengobatan yang efektif.

Sebagai contoh, sebuah tinjauan Juli 2014 di Cochrane Database of Systematic Reviews meneliti 13 percobaan pada 1.164 wanita dengan inkontinensia urin. Beberapa menerima pelatihan otot dasar panggul (PFMT, seperti Kegels) di samping perawatan lain seperti pelatihan kandung kemih atau obat anti-inkontinensia, dan yang lain hanya menerima perawatan lain tanpa pelatihan otot dasar panggul. Ulasan menyimpulkan bahwa tidak ada cukup bukti berkualitas tinggi untuk mengatakan berapa banyak (jika ada) PFMT membantu dengan inkontinensia urin atau kualitas hidup pada mereka yang memilikinya.

Tetapi meta-analisis 2015 di International Urogynecology Journal, yang meneliti 13 studi dengan 2.340 pasien yang mengalami prolaps organ panggul, menemukan bahwa mereka yang mendapat PFMT mengalami lebih sedikit dan lebih sedikit gejala yang lebih parah daripada orang yang berperan sebagai kontrol. Dan sebuah tinjauan 2018 dalam Intervensi Klinis dalam Penuaan mengamati 24 studi yang menganalisis bagaimana PFMT memengaruhi 2.394 wanita dengan inkontinensia urin, menemukan bahwa hal itu menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam kualitas hidup mereka dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Pada dasarnya, ada banyak penelitian yang harus dilakukan di sini sebelum ada yang bisa mengatakan bahwa terapi fisik dasar panggul adalah jawaban untuk disfungsi dasar panggul. Tetapi buletin praktik ACOG pada prolaps organ panggul dan inkontinensia urin menyebutkan bahwa latihan otot panggul yang biasanya termasuk dalam jenis terapi ini dapat direkomendasikan untuk jenis masalah ini. Perlu diketahui apa jenis janji temu yang akan terlibat jika Anda mencarinya.

Janji terapi fisik dasar panggul


Jadi katakanlah Anda memutuskan untuk mengunjungi terapis fisik dasar panggul. Mereka biasanya akan mengambil riwayat medis lengkap dari Anda dan bertanya tentang gejala Anda, kata Dr. Dune. Pada titik tertentu, mereka mungkin ingin melakukan pemeriksaan dasar panggul internal dan terapi manual internal langsung di dasar panggul Anda. Ini tidak perlu selama pertemuan pertama Anda. Tujuannya adalah untuk hanya memulai pada bagian evaluasi Anda ketika Anda merasa nyaman dengan itu, dan profesional medis yang mencoba menekan Anda ke dalamnya bukan orang yang tepat untuk Anda. Anda juga dapat meminta orang kedua di kamar.

Selama pemeriksaan yang sebenarnya, terapis fisik Anda biasanya akan memasukkan jari bersarung ke dalam vagina atau rektum dan meminta Anda untuk mengepalkan otot-otot dasar panggul Anda. Bergantung pada apa yang terjadi dengan tubuh Anda, ini mungkin atau mungkin tidak menyakitkan, kata Dr. Dune.

Nada otot internal adalah sesuatu yang dapat Anda coba evaluasi sendiri. Jika Anda memasukkan jari ke dalam vagina Anda, kencangkan otot-otot Anda seolah-olah Anda menahan kencing Anda, lalu lepaskan, Anda harus merasakan otot-otot berkontraksi dan bergerak ke atas dan ke bawah, menurut Perpustakaan Kedokteran Nasional AS. Tetapi Anda hanya akan tahu garis dasar Anda sendiri, kata Dr. Dune, sementara seorang terapis lebih mungkin mengenali di mana Anda termasuk dalam standar anatomi keseluruhan.

Plus, seorang terapis kemungkinan akan mengevaluasi bagaimana beberapa bagian tubuh Anda yang lain juga bekerja. "Lantai panggul tidak terisolasi - itu dipengaruhi oleh pinggul, punggung bawah, lutut, dan sendi lainnya," kata Dr Dune. "Penting untuk dievaluasi untuk masalah gambar yang lebih besar untuk mengetahui dengan pasti apa yang sedang terjadi."

Jika ahli terapi fisik Anda berpikir Anda bisa mendapatkan manfaat dari dasar panggul yang lebih kuat, mereka kemungkinan akan datang dengan rencana permainan untuk mungkin membantu Anda melatih otot-otot untuk berkontraksi dan mengendur dengan tepat. Kemudian, Anda biasanya akan mulai membuat janji temu untuk melatih otot-otot dasar panggul sementara terapis melacak kemajuan Anda.

Banyak orang memiliki janji satu kali dua kali seminggu selama enam hingga 12 minggu. Secara umum diterima bahwa beberapa orang akan mulai melihat perbedaan dalam empat hingga enam minggu, kata Dr. Dune. "Seperti halnya otot di tubuh, melatih kembali otot-otot dasar panggul membutuhkan waktu, tetapi itu ... seringkali sangat sukses," katanya.

Namun sayangnya, terapi panggul bukan merupakan kesuksesan yang terjamin, dan bahkan ketika itu mungkin membantu dengan masalah dasar panggul, Anda mungkin perlu melakukan pekerjaan yang cukup banyak. Jika Anda ingin tahu tentang memeriksakan diri dengan terapis dasar panggul, Anda dapat menyentuh dasar dengan ob / gyn Anda untuk melihat apa yang mereka pikirkan dan jika mereka memiliki rekomendasi. Anda juga dapat mengunjungi situs web Kesehatan Wanita Asosiasi Terapi Fisik Amerika (APTA) dan memasukkan kode pos Anda. Mungkin membantu untuk mencari secara khusus terapis fisik yang memiliki Sertifikat Pencapaian APTA dalam Terapi Fisik Kesehatan Panggul (CAPP) atau sertifikasi Spesialis Klinik Kesehatan Wanita (WCS). Dan inilah beberapa informasi tentang bagaimana memilih terapis fisik yang tepat untuk Anda.

Bagi sebagian orang, terapi fisik dasar panggul mungkin cukup membantu dengan masalah dasar panggul. Bagi yang lain, pembedahan mungkin diperlukan untuk memperbaiki masalah seperti prolaps organ dasar panggul.

Terapi fisik dasar panggul preventif


Beberapa orang memutuskan untuk melihat terapis fisik dasar panggul saat mereka hamil alih-alih menunggu sampai setelah melahirkan. Ini pada dasarnya adalah cara untuk mencoba mengetahui seberapa kuat dasar panggul Anda dan mungkin mendapatkan beberapa tips untuk mempertahankan kekuatan itu sepanjang kehamilan dan persalinan. Ini dapat bermanfaat bagi sebagian orang, kata Dr. LeFevre.

Namun, terapi fisik dasar panggul jelas bukan keharusan selama kehamilan. Terlebih lagi, ini bisa menjadi kemewahan dalam hal waktu dan uang. Biasanya akan lebih sulit untuk mendapatkan terapi fisik dasar panggul yang ditanggung oleh asuransi jika Anda melakukan pencegahan terlebih dahulu daripada jika Anda benar-benar didiagnosis dengan disfungsi dasar panggul, kata Dr. Dune. Ketika membayar sendiri, satu sesi mungkin berharga antara $ 150 hingga lebih dari $ 300, dia mencatat, meskipun ini dapat bervariasi berdasarkan lokasi Anda dan praktik tertentu. Bahkan jika Anda mendapatkan sebagian sesi Anda tertutup, Anda mungkin masih berada di hook untuk pembayaran bersama. Plus, ada semua waktu yang terlibat dengan benar-benar pergi ke janji temu ini.

Juga, mendapatkan terapi fisik dasar panggul saat Anda sedang hamil adalah seperti berurusan dengan target bergerak. "Mungkin lebih efektif untuk menunggu sampai Anda tidak memiliki efek kehamilan yang berkelanjutan," kata Dr. Bianco.

Jika Anda ingin pemeriksaan cepat dan mudah tentang bagaimana kondisi panggul Anda saat Anda sedang hamil, tanyakan kepada dokter Anda apakah mereka dapat merasakan otot Anda saat Anda melakukan Kegel, kata Dr. Dabney. Lihat apakah mereka memiliki tip untuk menjaga agar dasar panggul Anda kuat selama kehamilan, seperti cara yang tepat untuk melakukan Kegels jika Anda tidak begitu yakin tentang bentuk tubuh Anda.

Mungkin dasar panggul Anda benar-benar baik-baik saja dan gejala apa pun yang Anda alami — halo, kandung kemih yang bocor — setara dengan perjalanan kehamilan. Tetapi jika Anda dan dokter Anda memiliki alasan untuk berpikir bahwa Anda sebenarnya memiliki disfungsi dasar panggul, mereka dapat membantu Anda mengidentifikasi langkah selanjutnya untuk memperkuat bagian penting dari tubuh Anda ini.

0 Response to "Yang Perlu Diketahui Tentang Kehamilan, Melahirkan, dan Dasar Panggul Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel