Cara melakukan Detox Gula 3-Hari untuk Mengatur Ulang Pikiran dan Tubuh Anda

Cara melakukan Detox Gula 3-Hari untuk Mengatur Ulang Pikiran dan Tubuh Anda | Gula ada di mana-mana Anda melihat. Dan jika Anda pernah mencoba untuk memotong gula dari diet Anda, Anda tahu betapa sulitnya itu. Bahkan makanan yang tidak Anda harapkan, seperti wortel, memiliki gula. Kenyataannya adalah bahwa meminimalkan asupan gula sangat penting bagi kesehatan kita. Anti-nutrisi ini dapat mencegah Anda menurunkan berat badan (tidak peduli seberapa keras Anda mencoba), menguras mineral dalam tubuh Anda, membuat hati Anda stres, meningkatkan kadar kolesterol jahat, menyebabkan masalah tidur, dan banyak lagi.
Cara melakukan Detox Gula 3-Hari untuk Mengatur Ulang Pikiran dan Tubuh Anda
Cara melakukan Detox Gula 3-Hari untuk Mengatur Ulang Pikiran dan Tubuh Anda
Untuk membantu Anda keluar dari gula dan meningkatkan kesehatan Anda, mengapa tidak mencoba detoks gula?

Apa itu Detox Gula?


Dalam istilah yang paling sederhana, detoksifikasi gula membuat gula tubuh Anda naik. Ada beberapa cara berbeda untuk membersihkan tubuh Anda dari gula, tetapi mungkin yang paling efektif adalah keluar dari kalkun dingin selama beberapa hari. Kemudian Anda dapat secara bertahap memperkenalkan gula alami, “sehat” (seperti dari buah-buahan), kembali ke dalam diet Anda.

Tetapi, sebelum kita membahas lebih mendalam tentang cara melakukan detoksifikasi gula, mari kita membahas berbagai jenis gula dan bagaimana mereka dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

Apa itu Gula, Tepat?


Gula hadir dalam empat bentuk:

  • Fruktosa
  • Sukrosa
  • Sirup jagung fruktosa tinggi (HFCS)
  • Glukosa

Fruktosa adalah jenis gula yang terjadi secara alami dalam buah. Tapi tetap saja, terlalu banyak mengonsumsi fruktosa memang bisa berakibat buruk bagi kesehatan Anda. Satu-satunya organ dalam tubuh Anda yang dapat memecah fruktosa adalah hati. Ini mengubah fruktosa menjadi trigliserida (yang dapat merusak fungsi hati), radikal bebas (yang dapat merusak sel), dan asam urat (yang dapat menyebabkan kerusakan pada arteri Anda). [ 1 ]

Sukrosa adalah gula meja, jenis yang ditambahkan ke makanan yang dipanggang, permen, dan sebagian besar makanan. Sukrosa terdiri dari campuran glukosa dan fruktosa. Bagian yang glukosa dikirim ke aliran darah Anda, menyebabkan lonjakan gula darah. Bagian yang fruktosa dikirim ke hati untuk dimetabolisme. [ 2 ]

Sirup jagung fruktosa tinggi dibuat dari tepung jagung. Seperti sukrosa, itu sekitar 50% fruktosa dan 50% glukosa. Ada perdebatan apakah itu lebih buruk bagi Anda daripada sukrosa, tetapi belum ada cukup bukti untuk mendukung kesimpulan apa pun. Bagaimanapun, HFCS tidak lebih sehat daripada gula meja dan bukan pengganti yang baik. [ 3 ]

Glukosa adalah sumber energi utama tubuh Anda. Anda tidak perlu mengonsumsi glukosa; dengan makan makanan yang tepat, tubuh Anda menciptakan glukosa untuk Anda. Memiliki terlalu banyak glukosa dalam sistem Anda menyebabkan gula darah Anda (atau dikenal sebagai glukosa darah) naik, mungkin ke tingkat yang tidak sehat. Terlalu sedikit darah Anda juga bisa menjadi tidak sehat.

Berapa banyak gula yang sehat?


Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tidak ada alasan gizi untuk memasukkan tambahan gula, seperti gula dalam soda dan permen, dalam diet Anda. Tetapi jika Anda melakukannya, WHO menyarankan bahwa seseorang dengan BMI yang sehat mengkonsumsi tidak lebih dari 6 sendok teh gula sehari. Itu 25 gram. [ 4 ]

Bahkan jika Anda mengikuti diet sehat, mungkin saja Anda mengonsumsi gula jauh lebih banyak daripada jumlah yang disarankan ini.

Konsumsi gula kita telah meningkat secara dramatis selama 200 tahun terakhir. Pada 2005, orang Barat rata-rata mengonsumsi 152 kilogram gula per tahun , dibandingkan dengan 6,3 kilogram per tahun pada 1822. [ 5 ]

Bagian dari peningkatan itu adalah karena gaya hidup. Sebagian karena jumlah gula yang dimasukkan pada dasarnya setiap makanan dan minuman olahan. Dan sebagian karena banyak orang tidak tahu bagaimana gula itu ada di mana-mana. Ini termasuk dalam produk yang tidak pernah Anda bayangkan, seperti saus dan saus. Satu merek saus pasta populer mengandung lebih banyak gula dalam satu sajian daripada dua kue Oreo!

Pengganti Gula Terbaik


Untuk detoks gula, dan untuk manfaat kesehatan jangka panjang, sebaiknya Anda benar-benar mengeluarkan gula dari diet. Ini akan membantu menghilangkan keinginan Anda untuk selamanya. Tetapi jika Anda memilih untuk mengganti sebagian asupan gula Anda dengan pengganti gula, ada beberapa yang lebih buruk daripada yang lain.

Pengganti gula terbaik: pemanis alami seperti stevia, sirup maple murni (tetapi dalam jumlah kecil), kurma, dan beri.

Stevia berasal dari ekstrak daun stevia sangat halus yang disebut rebaudioside A, tidak memiliki kalori dan 200 kali lebih manis daripada gula (sehingga Anda dapat menggunakan lebih sedikit dan mendapatkan efek manis yang sama). [ 6 ]
Kurma segar memiliki kadar antioksidan, serat, vitamin, dan mineral yang tinggi. Ada sekitar 20 kalori per tanggal, tetapi ini tergantung pada ukuran tanggal. Semakin kecil tanggalnya, semakin sedikit kalori. [ 7 ]
Jika Anda memilih sirup maple , hanya sirup maple murni yang dapat diterima. Sirup maple murni hanya mengandung bahan-bahan alami, tanpa tambahan gula, dan tanpa pewarna atau pengawet buatan. Pemanis ini mengandung berbagai vitamin dan mineral. Seng dan mangan tinggi tinggi. Namun, ⅓ cangkir gula maple mengandung sekitar 60 gram sukrosa, yang lebih tinggi dari asupan harian yang direkomendasikan. [ 8 ]
Berry segar memiliki kandungan gula lebih rendah dari buah lainnya dan dapat menjadi pilihan terbaik untuk makanan yang secara alami pemanis seperti oatmeal dan sereal, dan minuman seperti air.

Pengganti gula terburuk: pemanis buatan seperti sakarin (manis dan rendah), aspartam (sama), dan acesulfame K.

Sakarin terkait dengan peradangan, ketidakseimbangan hormon, dan penyakit kronis.
Aspartame dikaitkan dengan sakit kepala pada manusia dan kanker pada penelitian hewan.
Acesulfame K mengandung karsinogen metilen klorida, yang dapat menyebabkan sakit kepala, depresi, mual, kebingungan, dan kemungkinan kanker.

Bagaimana Gula Berdampak pada Gula Darah Anda


Gula darah, juga dikenal sebagai glukosa darah, dipengaruhi oleh berapa banyak gula yang Anda makan. Sepertinya sudah jelas, kan? Anda makan banyak gula, gula darah Anda naik, dan ketika Anda makan sangat sedikit atau tidak sama sekali, itu turun

Ternyata, gula darah sedikit lebih rumit dari itu.

Bagaimana cara kerja gula darah?


Gula darah adalah jumlah glukosa yang Anda miliki dalam aliran darah Anda. Bagaimana glukosa masuk ke sana? Dari makanan yang Anda makan. Ketika tubuh Anda mencerna makanan, terutama karbohidrat , itu memecah berbagai nutrisi dan mengirimkan semuanya ke aliran darah. Salah satu nutrisi itu adalah glukosa .

Jadi, gula darah Anda naik saat Anda mencerna makanan.

Apa itu gula darah tinggi?

Gula darah tinggi terjadi karena beberapa alasan berbeda.

Penyebab satu adalah dari makan makanan yang tinggi karbohidrat. Gula adalah karbohidrat sederhana, yang berarti tubuh dapat mencernanya dengan cepat. [ 9 ] Hal ini menyebabkan gula darah Anda meningkat.

Penyebab kedua adalah stres. Ketika Anda merasa stres, tubuh Anda mengeluarkan glukosa yang disimpan oleh hati Anda. Jika Anda terus-menerus merasa stres, tubuh Anda akan terus-menerus melepaskan glukosa dan meningkatkan gula darah Anda.

Penyebab ketiga adalah jadwal tidur Anda. Kortisol, hormon yang memberi sinyal hati Anda untuk melepaskan glukosa ke dalam aliran darah Anda, diaktifkan di pagi hari, ketika Anda bangun. Dengan kata lain, ritual pagi Anda mungkin disertai dengan suntikan glukosa.

Ketika gula darah Anda tinggi, pankreas Anda melepaskan hormon yang disebut insulin untuk menurunkannya.

Bagaimana cara menurunkan gula darah?


Gula darah tinggi memberi sinyal insulin untuk mulai bekerja dan menurunkan kadar glukosa. Glukosa ekstra dapat disimpan sebagai glikogen, yang ditemukan terutama di otot dan hati Anda. Tetapi ketika tidak ada lagi ruang untuk glikogen, glukosa ekstra disimpan sebagai lemak.

Ada beberapa cara lain untuk menjaga gula darah Anda tetap rendah, jadi Anda tidak perlu menggunakan insulin sebanyak-banyaknya, dan glukosa Anda tidak berubah menjadi lemak.

Salah satu cara untuk menurunkan gula darah adalah dengan mengurangi jumlah karbohidrat dalam makanan Anda. Idealnya Anda tidak akan mengkonsumsi gula tambahan sama sekali. Stick dengan fruktosa yang datang dalam buah, dan hanya makan sedikit.

Cara lain untuk menurunkan gula darah adalah dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks . Tidak seperti karbohidrat sederhana seperti gula, karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Glukosa dilepaskan dalam periode waktu yang lebih lama, sehingga gula darah Anda tidak melonjak. Karbohidrat kompleks juga dapat memberi Anda lebih banyak energi untuk periode waktu yang lebih lama.

Cara lain untuk menurunkan gula darah Anda adalah dengan menurunkan tingkat stres Anda. Mengurangi stres akan mengurangi kortisol, yang pada gilirannya menurunkan gula darah Anda.

Mengapa Gula Darah Sehat Itu Penting


Ketika kadar gula darah Anda terus-menerus tinggi, itu dapat menyebabkan kondisi yang disebut resistensi insulin. Jika insulin Anda terus-menerus bekerja, itu bisa berhenti menjadi efektif. Sebaliknya, kelebihan glukosa tetap dalam aliran darah Anda dan gula darah Anda terus meningkat (disebut hiperglikemia). Sementara itu, tubuh Anda terus mengeluarkan lebih banyak insulin (disebut hiperinsulinemia), yang pada akhirnya meningkatkan penyimpanan lemak.

Gula darah tinggi juga dapat menyebabkan penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, obesitas, penyakit jantung, dan penyakit neurodegeneratif.

Manfaat Kesehatan dari Mengurangi Gula


Beberapa manfaat kesehatan dari mengurangi asupan gula Anda telah disebutkan di seluruh artikel ini sejauh ini, tetapi mari kita lakukan ringkasannya, dan tambahkan beberapa lagi.

  1. Makan dengan sadar: Ketika Anda memperhatikan makanan yang mengandung gula, Anda akan mulai memperhatikan fakta nutrisi penting lainnya. Hal ini dapat menyebabkan kebiasaan makan yang lebih baik.
  2. Peningkatan kesehatan gigi: Siapa pun yang memiliki gigi manis seumur hidup tahu betapa negatifnya hal itu terhadap gigi Anda! Gula dapat membuat mulut asam, rawan.
  3. Penurunan berat badan: Jika diet Anda terdiri dari banyak gula, akan sulit untuk menurunkan berat badan, tidak peduli seberapa keras Anda mencoba. Mengurangi gula dapat membantu Anda menghilangkan lemak yang membandel itu.
  4. Peningkatan energi: Tinggi dan rendah dari diet berbahan bakar gula menjadi bagian dari masa lalu. Tanpa gula, tubuh Anda dapat mempertahankan tingkat energi yang konstan sepanjang hari.
  5. Menurunkan gula darah: Memiliki gula darah tinggi dapat menempatkan Anda pada risiko masalah kesehatan kronis. Mengurangi jumlah gula yang Anda konsumsi dapat membantu menurunkan risiko itu.
  6. Peningkatan fokus: Tanpa gula, Anda tidak akan berurusan dengan gangguan gula sepanjang hari, dan pikiran Anda akan lebih mampu berkonsentrasi pada tugas.

11 Tips untuk Membantu Anda Dengan Gula Detoksifikasi


Membersihkan tubuh Anda dari gula bisa menjadi tantangan, terutama jika itu adalah makanan pokok Anda. Kiat-kiat berikut dimaksudkan untuk membantu Anda mengatasi rintangan apa pun yang Anda temui pada detoks gula.

Minum air


Ketika Anda mengira Anda sedang mendambakan gula, perasaan itu seringkali dapat dipenuhi dengan air. Hati membutuhkan air dan glukosa untuk menghasilkan glikogen. Jika Anda haus, Anda juga akan berakhir mendambakan gula (glukosa). Jadi tetap terhidrasi untuk menghindari masalah itu!

Singkirkan makanan olahan dan sampah


Sebagian besar makanan olahan mengandung gula. Bahkan makanan yang paling tidak Anda curigai, seperti keripik kentang. Anda bisa membaca label makanan masing-masing untuk menentukan apakah makanan layak disimpan atau dibuang, atau Anda bisa melakukan jauh lebih sedikit pekerjaan dan beralih sepenuhnya ke makanan utuh yang tidak diproses seperti buah-buahan segar, sayuran, daging, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Makanlah sarapan tinggi protein, kaya nutrisi


Protein membuat Anda kenyang dan memberi Anda energi abadi. Di pagi hari Anda lebih cenderung menginginkan sesuatu yang manis, dan makanan sarapan yang paling enak mengandung gula. Telur, getar protein, dan kacang-kacangan semuanya kaya protein dan akan melatih tubuh Anda untuk menggunakan protein sebagai energi hal pertama di pagi hari.

Tidur nyenyak


Kurang tidur, atau jadwal tidur yang tidak konsisten, dapat meningkatkan hormon stres Anda, kortisol. Kebiasaan tidur yang buruk juga dapat mengganggu hormon yang mengendalikan rasa lapar dan kenyang, leptin dan ghrelin.

Turunkan tingkat stres Anda


Jika Anda pernah mendengar tentang makan emosional, Anda terbiasa dengan gagasan bahwa ketika Anda stres, Anda lebih mungkin meraih makanan yang tidak sehat dan makan lebih sering daripada yang Anda butuhkan. Dengan mengurangi tingkat stres Anda, Anda akan lebih mudah membuat pilihan makanan yang lebih cerdas dan lebih sehat.

Rencanakan ke depan


Ketahui jadwal Anda sehingga Anda dapat merencanakan makanan dan makanan ringan sebelumnya. Rencanakan sarapan Anda lebih awal, bawa makan siang Anda ke kantor, dan lihat menu sebelumnya jika Anda makan di luar. Semua hal ini dapat membantu Anda menghindari makanan yang bergula dan tidak sehat.

Kurangi peradangan


Tip ini lebih berkaitan dengan kadar gula darah Anda daripada gula dalam diet Anda. Tetapi menghilangkan gula dari diet Anda adalah salah satu cara untuk mengurangi peradangan. Makanan bermasalah lainnya adalah gluten dan susu. Orang sering tidak menyadari bahwa mereka peka terhadap makanan ini sampai mereka dikeluarkan. Jadi, untuk hasil terbaik selama detoksifikasi gula Anda, batasi atau hilangkan susu dan gluten dari diet Anda juga.

Sertakan latihan kekuatan dalam rutinitas latihan Anda


Latihan kekuatan membantu gula darah Anda tetap pada tingkat yang sehat dan stabil. Menggunakan otot Anda membutuhkan lebih banyak glukosa, yang menurunkan kadar glukosa dalam aliran darah Anda. Dengan kadar gula darah yang lebih rendah, Anda tidak akan mengalami crash gula dan tidak akan membutuhkan gula nanti. Pada catatan yang agak terpisah: latihan melepaskan endorfin, yang membuat Anda merasa baik. Ketika Anda merasa baik, Anda cenderung makan secara emosional.

Makanlah lemak sehat


Terlepas dari kepercayaan bahwa lemak membuat Anda gemuk, gula dan tepung adalah biang keladinya. Lemak sehat tidak jenuh ganda dan ditemukan dalam makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, minyak zaitun, daging dan telur yang digembalakan di padang rumput, dan ikan hasil tangkapan liar.

Makan karbohidrat sehat


Karbohidrat sebenarnya penting untuk kelangsungan hidup kita. Tetapi ada perbedaan antara karbohidrat yang benar dan karbohidrat yang salah. Beberapa karbohidrat sehat yang harus Anda sertakan selama detoksifikasi adalah beras merah, gandum, quinoa, dan kacang-kacangan. Bahkan buah dengan gula rendah, seperti buah beri, apel, pir, dan prem, adalah karbohidrat sehat yang baik untuk dimasukkan ke dalam gula detoksifikasi Anda.

Hindari karbohidrat yang mengandung zat tepung seperti kentang putih dan manis, jagung, bit, dan labu selama periode detoksifikasi ini.

Hindari semua minuman manis


Gula dari minuman akan diserap ke dalam aliran darah Anda segera. Gula sebanyak itu sekaligus terlalu banyak untuk ditangani oleh hati Anda, sehingga ia disimpan sebagai lemak perut. Karena minuman ini tidak membuat Anda kenyang dan peningkatan energi hanya berlangsung singkat, Anda meminum yang lain dan yang lainnya.

Pilih minuman seperti jus hijau segar tanpa pemanis, teh tanpa pemanis, dan air.

Apakah detoks gula permanen?


Gula detox dimaksudkan untuk membersihkan sistem gula tidak sehat sehingga tubuh Anda dapat mulai berfungsi dengan baik.

Beberapa orang dapat memasukkan sedikit gula kembali ke dalam makanan mereka tanpa berlebihan. Yang lain lebih sulit melakukannya. Sungguh, apakah detoks gula permanen atau tidak dapat ditentukan oleh ketergantungan Anda padanya. Beberapa orang dapat mengatur asupan gula mereka untuk memasukkan buah-buahan dan permen, tetapi yang lain tidak bisa mengendalikan keinginan mereka ketika gula dimasukkan kembali ke dalam makanan mereka.

Apapun, semakin sedikit gula, semakin baik.

Cara melakukan Diet Detoks Gula 3 Hari


Bagi siapa pun yang menganggap gula sebagai makanan pokok, beberapa hari pertama tanpa gula bisa terasa mustahil. Anda mengalami efek samping seperti ngidam gula dan sakit kepala. Anda mungkin merasa lelah dan mual. Hal yang mudah dilakukan adalah meraih sesuatu yang manis - dan gejala itu hilang. Tapi itu hanya solusi jangka pendek, dan yang tidak sehat itu.

Untuk menghilangkan mengidam gula itu dan memulai perjalanan Anda ke Anda yang lebih sehat, Detox Gula 3 Hari mungkin tepat seperti yang Anda butuhkan.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika merencanakan Detoks Gula 3 Hari Anda sendiri:

  • Sarapan harus mencakup sekitar 35 gram protein untuk membantu Anda merasa kenyang sepanjang hari. [ 10 ]
  • Sertakan protein dalam setiap makanan.
  • Pilih protein sehat seperti telur, unggas, ikan, dan kacang-kacangan.
  • Batasi daging merah.
  • Hindari daging olahan seperti bacon dan potongan dingin.
  • Untuk setiap kali makan, sertakan sekitar 11 piring sayuran hijau, seperti:
  • bayam
  • Arugula
  • kubis
  • sejenis sawi
  • Chard
  • Sertakan sekitar 44 hingga 77 gram lemak sehat, seperti alpukat, tuna segar, salmon, dan sarden, biji rami, zaitun, dan minyak zaitun, setiap hari.

Apakah Diet Gula Detox Tepat untuk Anda?


Menambahkan gula tidak memberikan manfaat kesehatan dan dapat berkontribusi terhadap gula darah tinggi dan penyakit kronis lainnya. Jika Anda sudah berurusan dengan gula darah rendah atau diabetes, Anda tidak boleh mencoba detoks gula tanpa mendiskusikan manfaat dan risiko dengan dokter Anda. Kalau tidak, jika Anda bertanya-tanya apakah Anda harus mencoba detoks gula, jawabannya adalah ya. Anda tidak akan kehilangan apa pun dan segala sesuatu untuk diraih.

0 Response to "Cara melakukan Detox Gula 3-Hari untuk Mengatur Ulang Pikiran dan Tubuh Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel